Recent Posts

    Arti Kode Huruf untuk Warna pada Copic


    copic

    Halo teman-teman pembaca marupen sekalian di manapun kalian berada. Semoga kalian diberikan kesehatan selalu dan tetap semangat untuk berlatih menggambar ya. Pada kesempatan kali ini mimin mau berbagi informasi lagi tentang Copic. Setelah kemarin kita membahas tentang pewarnaan untuk mata, wajah, dan kulit, untuk kali ini mimin mau bahas tentang arti-arti kode huruf yang ada di tiap-tiap pewarna Copic.

    Seperti kita ketahui, alat pewarnaan Copic adalah salah satu alat mewarnai yang sangat dianjurkan dan sering dipakai oleh artist-artist profesional baik di Jepang sendiri maupun di seluruh dunia karena kualitasnya yang sangat baik. Karena saking banyaknya warna yang disediakan oleh Copic, untuk membedakan antara warna satu dengan yang lain dibuatlah kode-kode huruf dan angka untuk tiap warna yang berbeda. Hal itu bertujuan untuk mempermudah para artist untuk mencari dan menemukan pewarna dengan ketepatan warna yang sesuai dengan yang mereka inginkan.
    copic
    Untuk artis yang baru-baru memakai Copic dan masih mencari-cari warna, mengingat kode-kode warna yang sesuai dengan yang kita sukai (sudah cocok dengan warna tertentu). Jadi misal kita sudah cocok dengan sebuah warna kita harus benar-benar tahu kodenya, karena jika suatu saat tinta warna itu sudah habis kita tinggal mencari refill nya sesuai kode warna itu.

    Copic sendiri terdiri dari kode huruf dan kode angka. Untuk kode huruf pada Copic menunjukkan golongan warna,misalkan merah, kuning, hijau, dll. Sedangkan kode angka menunjukkan tingkat kecerahan dan tingkat gelap pada satu golongan warna. Berikut Color Chart atau table warna keseluruhan  yang disediakan oleh produk Copic:

    Color Chart Copic
    Color Chart Copic
    Dari Color Chart di atas bisa kita ketahui bahwa Copic memiliki beberapa kode huruf yang membedakan tiap golongan warnanya, antara lain BV, V, RV, R, YR, Y, YG, G, BG, B, E, C, T, N, W, F. Mari kita bahas satu-satu kode huruf Copic di atas. Dari kode di atas dibagi juga menjadi beberapa kategori antara lain, Primary Colors (warna dasar), Secondary Colors (campuran dua warna dasar), Tertiary Colors (gabungan antara primary dan secondary colors), Other Colors (di luar kategori sebelumnya termasuk warna hitam). Untuk detailnya mari kita lihat di bawah ini ya:

    Primary Colors
    • R (Red Family / golongan warna merah)
    • B (Blue Family / golongan warna biru)
    • Y (Yellow Family / golongan warna kuning)
    Secondary Colors
    • G (Green Family / golongan warna hijau)
    • V (Purple/Violet Family / golongan warna ungu)
    • YR (Orange Family / golongan warna orange)
    Tertiary Colors
    • BG (Blue - Green Family / golongan warna hijau ke biru-biru an)
    • YG (Yellow - Green Family / golongan warna hijau kekuning-kuningan)
    • BV (Blue - Violet/Purple Family / golongan warna ungu kebiru-biruan)
    • RV (Red - Violet/Purple Family / golongan warna ungu kemerah-merahan)
    Other Colors 
    • E (Earth Tones/ Brown / golongan warna coklat)
    • N ( Neutral Grays / golongan warna abu-abu netral)
    • C ( Cool Grays / golongan warna abu-abu dingin)
    • W (Warm Grays / golongan warna abu-abu hangat)
    • T (Toner Grays)
    • F (Fluorscent/Neon type colors / golongan warna neon/warna stabilo)
    • Black Markers (Black colors / golongan warna hitam)
    Untuk warna hitam, Copic tidak menggunakan kode huruf, hanya menggunakan kode angka, yaitu 100 untuk warna hitam dan 110 untuk warna hitam spesial (entahlah, mimin juga belum tahu bedanya antara warna hitam dan hitam spesial, hmmmm)

    Sumber: wikipedia

    Jadi, saran mimin jika kalian membeli copic dan sudah menemukan warna yang sesuai, selalu ingat kode warnanya agar bisa mendapatkan warna itu lagi, jadi kan tidak usah bingung bingung mencari warna lagi karena kode warna Copic itu sudah pasti tepat.

    Sekian untuk pembahasan mimin kali ini tentang arti kode huruf pada Copic. Masing-masing warna memiliki kode warnanya masing-masing sehingga memudahkan para pembeli untuk mencari warna yang tepat. Semoga info di atas bermanfaat untuk kita semua ya.

    Terima kasih atas perhatian teman-teman sekalian dan sampai jumpa dengan mimin di postingan lainnya di lain waktu.

    Belum ada Komentar untuk "Arti Kode Huruf untuk Warna pada Copic"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel