Recent Posts

    Pencetus Gaya Mata Besar Berkilauan di Anime dan Manga Jepang

    Pernah gak sih kalian bertanya-tanya siapa awal pencetus dan yang pertama kali mempopulerkan mata besar berkilauan khas di manga dan anime? Apa itu asli original dari kreator Jepang? Atau terinspirasi dari suatu hal? Nah, dari dulu-dulu kita baca manga, bentuk mata yang besar dan berkilauan memang sudah identik banget.

    Anime Style

    Kalau ngomongin soal anime atau manga, pasti nama yang terbesit di kepala adalah Hayao Miyazaki, Fujiko F. Fujio, Masashi Kishimoto, Akira Toriyama, Eiichiro Oda, Gosho Aoyama dan lain-lain. Namun memangnya bro sis gak penasaran sama pelopor manga dan anime di Jepang?

    Komik Jepang sukses menginvasi Indonesia sejak era Kungfu Boy, Dragon Ball kemudian dilanjutkan dengan Naruto, One Piece dan komik romance lainnya. Seperti yang diketahui ciri, khas dari manga dan anime adalah bola mata karakternya yang besar dan berkilauan.

    Osamu Tezuka
    Osamu Tezuka

    Nah, style komik Jepang dengan bola mata besar berkilauan merupakan ciptaan dari mangaka yang bernama Osamu Tezuka. Insiprasi bola mata besar ini ia dapatkan dari kartun Disney Bambi dan Betty Boop.

    Betty Boop
    Betty Boop

    Bamby
    Bamby

    Osamu Tezuka juga dikenal sebagai God od Manga dan Godfather of Anime. Pada tahun 1946, Osamu sensei mempublikasikan manga pertama dalam sejarah Jepang yang berjudul Diary of Ma-Chan. Diary of Ma- Chan terdiri dari beberapa panel dan dipublikasikan oleh surat kabar Jepang. Kemudian dilanjutkan pada tahun 1963, anime karya Ozamu yang berjudul Testuwan Astro atau Astro Boy pun diproduksi anime-nya.

    Manga Pertama
    Manga pertama di Jepang, Diary of Ma-Chan. Sumber: TezukaOsamu.net

    Sebenarnya Astro Boy bukanlah anime pertama Jepang. Jauh pada tahun 1917, terdapat animasi berdurasi 2 menit yang menampilkan seorang samurai sedang mangayunkan pedangnya. Animasi yang berjudul Namakura Gatana ini dibuat oleh Oten Shimokawa dan Seitarou Kitayama. Meski begitu, Astro Boy merupakan anime pertama yang sukses di dunia internasional.

    Astro Boy
    Astro Boy

    Osamu Tezuka dan Astro Boy
    Ilustrasi Osamu Tezuka dan Astro Boy

    Dr. Osamu Tezuka lahir pada tahun 3 November 1928 di Prefektur Osaka. Beliau dianggap sebagai seorang pionir dalam teknik dan genre-genre manga. Mengawali karir sebagai dokter, Tezuka kemudian beralih menggambar manga. Semasa hidupnya, Tezuka telah menghasilkan lebih dari 700 manga loh!


    Sumber, Ditulis oleh Steffi dari Ciayo

    Belum ada Komentar untuk "Pencetus Gaya Mata Besar Berkilauan di Anime dan Manga Jepang"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel