Recent Posts

    Tips Memilih Pentab Bagi Pemula

    Dalam artikel sebelumnya sudah pernah saya bahas tentang lebih baik mana antara menggunakan alat modern atau alat tradisional dalam menggambar. Nah, bagi kalian yang ingin menggunakan alat modern dalam hal ini drawing pad atau yang lebih akrab dikenal dengan nama pentab, mungkin bahasan kali ini bisa bermanfaat bagi teman-teman sekalian. Yap, karna bahasan kali ini adalah tips dalam memilih pentab.

    Wacom Cintiq 24
    Wacom Cintiq 24"

    Drawing tab atau Pentab merupakan alat input komputer yang biasa digunakan oleh kebanyakan desainer dewasa ini, namun selain digunakan sebagai alat gambar dan desain, pentab juga biasa digunakan para pegawai lainnya untuk membantu dalam sebuah presentasi kerja. Pentab memungkinkan penggunanya untuk menggambar atau menulis di sebuah papan yang langsung terhubung ke komputer layaknya menulis dan menggambar di kertas.

    Nah, sama halnya dengan smartphone yang begitu banyak merk dan keunggulannya, pentab juga demikian karena mempunyai beragam merk dan keunggulannya masing-masing, baik itu dari segi kualitas dan harga. Bagi kamu yang awam tentu terbesit pertanyaan tentang pentab apa sih yang bagus? yang murah? yang awet? yang enak dipakai dan lain-lainnya. Oleh karena itu saya mencoba memaparkan beberapa tips menurut pengetahuan saya dan semoga dapat membantu.

    Beberapa pertimbangan yang patut kamu pikirkan sebelum membeli pentab antara lain sebagai berikut;

    Merk dan Kualitas.
    Dalam membeli sebuah barang, entah apapun barang itu, merk selalu menjadi pemikiran utama, semakin merk itu terkenal semakin pula keyakinan pada produknya bagus dan biasanya produk dengan merk terkenal mempunya kualitas yang bagus pula. Dalam dunia pentab merk yang sudah mendunia dan diakui kualitasnya adalah Wacom walaupun harga untuk produk dari merk ini cukup tinggi, untuk harga termurahnya berkisar diantara 1,2jt hingga di atas 25jt. Lalu apakah ada merk lain yang kualitasnya bagus namun harganya bisa lebih miring? untuk menjawab pertanyaan ini, saya coba menyarankan merk Huion, saya sendiri sudah pernah mencoba ke dua merk ini, over all huion tidak kalah bagus dengan wacom dan dari segi harga tentu lebih murah daripada wacom bisa di bawah 1jt terngantung tipenya. Untuk harga yang lebih murah kamu dapat memilih merk Xp Pen atau Genius.

    Ukuran dan Spesifikasi
    Selain poin di atas, kamu juga harus mempertimbangkan ukuran dan spesifikasi dari pentab yang ingin kamu beli. Sebagai seorang pemula tentu saja ukuran dan spesifikasinya akan sangat berbeda dari seorang yang sudah profesional. Pentab sendiri mempunyai beragam ukuran dari ukaran terkecil hinga ukuran terbesar umumnya berkisar pada A4, A5 dan A6. Sedangkan untuk spesifikasi tentunya sangat beregam tergantung dari tipenya, dari yang menggunakan aneka tombol yang dapat di setting sesuai kebutuhan, fitur touch, fitur wireless, usb, hingga yang dapat menggambar langsung di layar LCDnya seperti pada varian Wacom Cintiq yang harganya mencapai puluhan juta.

    Budget dan Kebutuhan
    Poin yang paling penting adalah poin ini, ada uang ada barang. Namun yang tidak kalah penting adalah keperluan dan kebutuhan kamu dalam membeli pentab adalah apa? karena jujur menggunakan pentab tidak segampang seperti yang kamu bayangkan, jika kamu pertama kalinya menggunakan pentab dan sekedar iseng ingin mencoba pentab, saya sarankan meminjamnya di teman saja, atau beli yang murah-murah saja atau bahkan pentab bekas, karena kalau kalian tidak siap dalam menggunakan pentab jadinya akan cepat merasa bosan (pengalaman pribadi, hehehe..) namun jika dirasa emang perlu dan butuh dalam jangka waktu yang cukup lama apalagi kamu sudah profesional mungkin kamu dapat membeli pentab dengan merk Wacom atau Huion yang lebih murah.

    Pentab Huion
    Huion Pentab

    Huion Pentab GT 185
    Huion Pentab GT 185



    Jadi Kesimpulannya gimana?
    Hemat saya adalah,
    Jika kamu memilih Kualitas dan ketahanan maka pilihlah merk Wacom
    Jika kamu memilih spesifikasi dengan fitur beragam kamu bisa milih Huion atau Wacom
    Jika kamu memilih harga murah maka pilihlah XP Pen atau Genius.

    Merk yang saya sebutkan adalah produk yang sudah beredar luas di pasaran Indonesia karena sebenarnya masih banyak merk-merk lainnya.
    Semoga dapat membantu.

    Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih Pentab Bagi Pemula"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel