Recent Posts

    Cara Mengganti Tampilan Tema Blogspot


    Halo sobat segala tahu 👀

    Jika bebera waktu lalu kita sudah membahas tentang bagaimana cara memilih platform blogging dan menginstall platform blogspot, kali ini kita akan bahas bagaimana cara mengganti theme atau tema atau template dari blog itu sendiri.

    Setelah kita membuat blog, pastinya tampilan blog merupakan hal yang utama, dan pasti kalian ingin mengganti tampilan blog kalian kan? karena, yaa bisa dibilang tampilan default atau tampilan yang disediakan oleh blog terbilang biasa-biasa saja dan tidak begitu menarik.

    Untuk mendapakan tema yang bagus dan sesuai selera kalian, tentu kalian dapat mencarinya di google, kalian dapat menggunakan kata kunci "Blogger Theme" atau lainnya. Saya sendiri saat ini sedang menggunakan tema gratisan dari themeindie.com. Dan sudah tentu banyak situs-situs lain yang juga menyediakan tema gratisan maupun versi premium atau berbayar lainnya.

    Saran saya, gunakanlan tema yang tampilannya simpel, cepat, dan SEO Friendly. Karena Google dan kebanyakan orang suka dengan tampilan tema yang sederhana dan mempunyai loading yang cepat.

    Mungkin bagi kamu yang benar-benar masih awam dan masih pemula, mungkin hal ini masih belum kamu ketahui, walaupun sebenarnya sangatlah gampang, tetap saja bagi mereka yang tidak tau akan menjadi susah.

    Ok, lanjut. Pertama untuk mengganti template blog kalian, masuk akun blog kalian, sesudah kamu berada dalam dashbord blog kamu, pilih menu "Theme" jika dalam bahasa Inggris, atau mungkin tema atau template jika dalam bahasa Indonesia, nah berhubung saya menggunakan menu berbahasa Inggris, maaf ya, hehehe..

    Cara Mengganti Tampilan Tema Blogspot


    Jika sudah menuju menu "theme" jangan lupa untuk mem"backup" tema kamu sebelumnya.

    Cara Mengganti Tampilan Tema Blogspot


    Setelah itu upload tema yang kamu inginkan. Biasanya tema yang kamu dapatkan/download akan berupa file yang sudah di zip, maka dari itu jangan lupa untuk mengekstrak filenya.

    Nah, sudah deh. Selamat template Blog anda telah terganti dengan template yang baru

    Selain cara di atas, biasanya saya langusng melakukan copy dan paste script/kode daripada file xml (tema) blog tersebut, dengan cara masuk ke menu "theme" kemudian "edit html" kemudian menghapus script/kode yang lama dan mengganti dengan yang baru. Saya sendiri membuka script tema yang telah saya dapatkan di Notepad++. 

    Cara Mengganti Tampilan Tema Blogspot
    Cara Mengganti Tampilan Tema Blogspot


    Cara ini lebih mudah, dan jika menggunakan cara di atas, terkadang di tampilan "layout" masih terdapat widget-widget jaman tema sebelumnya yang alhasil kita harus melakukan penyesuaian ulang.

    Sekian.

    Belum ada Komentar untuk "Cara Mengganti Tampilan Tema Blogspot"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel