Recent Posts

    Tips Mendapatkan Pekerjaan di Bidang Seni

    Bagi kamu yang bekerja dalam bidang jasa, khususnya dalam bidang seni menggambar, seperti illustrator, komikus, pembuat karikatur, pelukis atau lainnya yang masih berhubungan dengan kegiatan art, pernah gak sih bertanya "kenapa sampai sekarang masih sepi project/kerjaan?" padahal skill dewa, alat gambar mantep punya. whats wrong kuy?


    Pertama-tama tenangkan dirimu, sebab yang mempunyai masalah ini sebenarnya banyak tidak hanya dirimu, apalagi bagi kalian yang baru terjun ke dunia seni ini. hal seperti ini sebenarnya lumrah.

    Nah, selain skill dan alat menggambar dan terus berkarya ada beberapa tip nih, yang pastinya sangat berguna dan harus kamu perhatikan jika ingin menjadi pro dalam dunia Visual Artist


    1. Memiliki website portfolio  yang baik

    Skill udah mantep, alat gambar mumpuni, selanjutnya apa yang harus kamu lakukan? Nah, bagusnya semua artwork keren bikinanmu harus disajikan dengan baik. Jaman sekarang majang portfolio gampang banget. Bisa lewat media sosial seperti facebook, instagram atau twiter, ataupun bisa lewat website portfolio gratis seperti Deviantart atau Pinterest. Artwork keren bikinan kamu jangan cuma disimpen di hardisk ya.


    2. Self Branding

    Self branding itu perlu banget, karena selain punya portfolio keren, pasti orang-orang atau calon-calon klien kamu pengen tau bseperti apakah reputasi kamu. Nah self branding ini bisa dilakukan dengan banyak hal, contoh penggunaan nama artist yang baik, keren dan mudah diingat (catet: jangan pakai nama alay) atau gunakan juga akun email dengan kata-kata yang mudah diingat. Kamu juga harus hati-hati mengelola akun-akun media sosial agar selalu terlihat profesional, karena klien menyukai artist yang bisa diajak kerja dengan baik.

    Show off! Pamerkan karya kita melalui ajang-ajang kreatif seperti Popcon, Comifuro dll. Rajin datang ke ekshibisi seperti ini akan membuat karya kita mudah dikenal. Banyak vendor dan calon klien potensial diam-diam datang di acara-acara seperti ini.


    3. Membuat circle

    Circle ini penting banget. Melalui circle kita bisa menambah wawasan, memperluas jaringan, menambah daftar klien dan juga memancing produktivitas. Circle juga akan membantu kita ketika kita membutuhkan bantuan saat mengerjakan proyek besar. Circle juga bisa membantu kita mengikuti ajan ekshibisi, kita bisa patungan modal untuk sewa stand.


    4. Konsisten

    Nah, kalo sudah buat website portfolio, punya circle dan produktif, berikutnya kita harus konsisten. Klien menyukai artist yang stabil dan konsisten karena mereka akan tahu kita bisa diandalkan. Jaga produktivitas kita secara konstan, hindari masa-masa kosong yang membuat kita seolah “hilang”. Klien kadang menganggap ketidak konsistenan kita sebagai indikasi kita artist bermasalah. Jadi jaga konsistensi ya! 

      


    5. Jadilah artist yang “BAIK”

    Be Nice! Sebagai artist, tugas kita sebenarnya adalah menjual servis. Kita harus memiliki attitude dan bisa bersikap baik kepada siapapun. Ini adalah kunci sukses yang penting. Walaupun klien menyebalkan, kita harus bisa membuat pendekatan terbaik. Dengan bertambahnya jam terbang, kita pasti akan makin berpengalaman dalam hal ini.


    6. Mau Berbagi

    Jadi artist jangan pelit ya, bagikan ilmu kita. Buat tutorial gratis. Berikan servis lebih kepada klien. karena berbagi itu akan melipatgandakan apa yang kita miliki.


    Nah, itulah tadi beberapa tips yang mesti kamu perhatikan untuk meningkatkan nilai jualmu, sebab dalam dunia jasa tidak hanya skill saja yang mesti kamu andalkan, melainkan banyak faktor yang mempengaruhinya, keberuntungan juga perlu loh, hehehehe..

    Belum ada Komentar untuk "Tips Mendapatkan Pekerjaan di Bidang Seni"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel